Our Blog

Banner Flexi ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat nya

Banner adalah salah satu media promosi yang banyak dipergunakan oleh sebuah perusahaan. Salah satu yang cukup populer adalah banner flexi. Banner yang satu ini sudah cukup dikenal di kalangan marketing dan dunia digital. Bagi Anda yang belum mengetahui dengan pasti apa dan bagaimana jenis banner yang satu ini, mari simak uraian berikut ini.

banner flexi

Definisi Banner Flexi

Sebelum membahas tentang apa itu banner flexi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari sebuah banner. Banner adalah sebuah media promosi yang dicetak pada kertas dengan  ukuran tertentu di percetakan digital.

Banner berisikan berbagai informasi dan promosi yang akan mendorong pembacanya untuk memanfaatkan produk yang ditawarkan. Banner ada banyak ragam dan jenisnya. Diantaranya adalah X banner, mini X Banner, Y Banner dan lain sebagainya.

Banner ini adalah sebuah banner yang dicetak pada kertas flexi. Yaitu, sebuah bahan digital printing yang berbentuk lembaran kertas dengan struktur seperti kain. Bahan flexi tidak mudah sobek, rusak, atau luntur.

Berikut ini adalah beberapa jenis banner berbahan flexi yang dibedakan berdasarkan jenis bahan flexinya, yaitu :

1. Flexi Korea

Bahan flexi korea memiliki tesktur yang lebih bagus, lembut dan menyimpan hasil print lebih baik dan lebih lama. Ketebalannya sangat pas untuk dipergunakan sebagai bahan promosi di dalam dan luar ruangan. Bahan flexi korea beragam dengan gramasi antara 250 gr sampai 400 gr.

Baca juga:  X Banner, Pilihan Media Promosi Yang Terjangkau

2. Flexi Jerman

Bahan flexi Jerman adalah bahan flexi yang paling bagus diantara semua bahan. Flexi Jerman sangat tebal sehingga sering direkomendasikan sebagai bahan banner outdoor. Namun, tidak sedikit pula yang dipakai untuk banner indoor.

3. Flexi China

Bahan flexi China adalah bahan yang paling biasa atau standar diantara bahan flexi lainnya. Strukturnya agak kasar, tipis dan nampak berserat. Flexi china banyak dipakai sebagai banner outdoor, namun usianya tidak bisa panjang. Banner ini akan mudah pudar, pecah-pecah dan sobek.

 

Fungsi Banner Flexi

Banner flexi sejatinya adalah sebuah alat promosi. Banner ini dicetak dengan sengaja dan diletakkan di tempat-tempat terbuka baik indoor ataupun outdoor. Banner ini akan membantu menarik perhatian dan mendorong calon pelanggan melakukan pembelian.

Berikut ini adalah fungsi banner berbahan flexi yang bisa Anda pelajari, yaitu :

1. Media Promosi

Banner flexi adalah salah satu media promosi paling populer dan banyak dipakai. Hampir setiap usaha meletakkan sebuah banner di tempat usaha mereka. Banner ini juga mudah dibuat dan dicetak. Hal ini akan mempermudah proses marketing.

2. Media Data

Banner ini adalah cara yang paling efisien untuk memajang sebuah data atau informsi tertentu. Misalnya tata cara atau prosedur, motto perusahaan, gambar-gambar petunjuk dan lain sebagainya. Ini akan menjadi media data paling mudah dan cepat sampai pada pembacanya.

3. Sebagai Identitas Diri

Banner yang satu ini juga bisa dijadikan identitas diri. Contohnya jika Anda meletakkan banner usaha di tempat umum. Orang yang membaca informasi di banner Anda akan seketika mengenali tempat usaha yang Anda miliki.

 

Ciri-ciri Banner Flexi

Setiap produk digital printing memiliki ciri dan keunikan tersendiri yang membedakan satu sama lain. Seperti halnya banner dan spanduk. Banyak orang yang mungkin menganggap dua produk ini adalah sama, namun ternyata keduanya berbeda.

Baca juga:  Mengenal Flyer : Definisi, Fungsi, Ukuran, dan Manfaatnya

Oleh sebab itu, mari kita pelajari bagaimana ciri-ciri dari banner flexi.

1. Tekstur Bahan

Ciri banner berbahan flexi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat bervariasi. Tergantung dari jenis bahan flexi apa yang dipergunakan. Namun satu hal yang bisa diambil kesimpulannya, banner ini terbuat dari bahan kertas berserat dengan ketebalan tertentu.

2. Bentuk Banner

Banner berbeda dengan spanduk. Banner ukurannya memanjang secara vertikal sedangkan spanduk memanjang secara horizontal. Banner dipasang sesuai bentuknya yaitu seperti berdiri.

3. Kualitas Banner

Banner ini memiliki struktur permukaan yang cukup kuat untuk mengikat tinta atau warna. Itulah mengapa banner ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ataupun luar ruangan. Kualitasnya tidak terpengaruh oleh cuaca atau sinar matahari.

 

Manfaat Banner Flexi

Pemasangan sebuah banner di suatu tempat tertentu bukan tanpa maksud. Kegiatan ini jelas memiliki tujuan dan manfaat tertentu. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan banner flexi, yaitu :

1. Hasil Cetakan lebih Memuaskan

Dengan menggunakan banner berbahan flexi, Anda akan lebih puas pada hasil yang didapatkan. Kualitas warna lebih bagus dan tajam, desain atau gambar pun terlihat lebih menonjol.

2. Awet dan Tahan Lama

Banner bahan flexi memiliki kualitas yang bagus. Bahannya kuat sehingga hasil banner yang didapatkan juga akan lebih awet dan tahan lama.

3. Media Marketing

Banner ini adalah media promosi atau marketing yang paling efektif. Cukup diletakkan di tempat umum dan biarkan masyarakat melihat dengan sendirinya.

Banner flexi adalah pilihan yang paling tepat untuk jenis banner terlepas dimanapun Anda memeletakkan. Banner jenis ini cukup tangguh dan tidak mudah rusak meskipun sudah dipergunakan selama bertahun-tahun.

Baca juga:  Definisi, Fungsi, Ciri dan Manfaat Voucher bagi Tempat Usaha

 

Sumber :

X Banner (60×160)


https://www.dosenpendidikan.co.id/banner-adalah/#ftoc-heading-5

Bahan Banner (Jenis, Fungsi, Harga & Contoh) Wajib Kalian Ketahui

Karakteristik Jenis Jenis Bahan Spanduk Outdoor dan Indoor

Flexi: Bahan Digital Printing

Mengenal 11 Jenis Bahan Spanduk yang Wajib Diketahui!

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?