Our Blog

Buku Tahunan Sekolah / Year Book ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat

Setiap orang pasti memiliki atau menerima setidaknya satu Buku Tahunan Sekolah dari tempatnya bersekolah. Ya, Buku ini dikenal juga dengan istilah Year Book adalah sebuah buku yang diterbitkan setiap tahun oleh sekolah.

Buku ini akan dibagikan pada siswa yang telah lulus sebagai salah satu bukti dan kenang-kenangan dari sekolahnya. Buku tahunan ini mengandung hal-hal berharga dan kejadian-kejadian menarik yang terjadi di sekolah selama bersekolah.

Buku Tahunan Sekolah

Pengertian Buku Tahunan Sekolah / Year Book

Pada dasarnya, Buku Tahunan ini adalah buku yang diterbitkan oleh pihak sekolah setiap tahunnya. Buku ini berisi informasi tentang semua siswa dalam satu angkatan beserta aneka ragam aktivitas dan kegiatan mereka selama di sekolah.

Buku Tahunan Sekolah umumnya dicetak dalam bentuk yang menarik, berdesain, ataupun memiliki tema tertentu. Dalam buku ini, nama siswa, foto, kelas, tanggal lahir, alamat rumah dan alamat email dicantumkan dengan lengkap.

Tidak lupa pula, barisan para guru turut menghiasi dan menyemarakkan isi dari Buku Tahunan ini. Semua diatur dan ditata dalam rangkaian sedemikian rupa supaya nampak menarik dan menyenangkan untuk dilihat.

Selain identitas siswa dan guru, berbagai macam kegiatan yang telah dilalui siswa selama satu tahun juga akan dicantumkan. Baik kegiatan formal, acara santai, aktivitas bersama, foto rekreasi atau gathering akan dimasukkan dengan lengkap dan detail.

Year Book biasanya akan mulai dipersiapkan menjelang kelulusan siswa. Pihak sekolah akan mulai mempersiapkan semua materi yang akan dimasukkan ke dalam buku tahunan. Mereka mulai mendata siswa dan guru serta mengumpulkan foto-foto kegiatan.

Baca juga:  Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

 

Manfaat Year Book

Bukan hanya sekedar buku yang dicetak setiap tahun saja. Buku ini memiliki makna tersendiri bagi siswa yang tercantum di dalamnya. Buku tahunan menjadi salah satu ajang bernostaligia dan mengenang masa-masa di sekolah.

Berikut ini adalah manfaat Year book lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Buku Kenang-kenangan

Fungsi pertama seperti telah disebutkan sebelumnya yaitu sebagai alat atau media yang menyimpan kenangan semasa di sekolah. Buku ini dapat dilihat-lihat kembali nanti ketika merindukan dan ingin mengingat sekolah-sekolah lama Anda.

Buku tahunan sekolah biasanya diisi dengan berbagai foto kegiatan. Di sana, ada hal yang lucu, menyenangkan, unik, mengharukan dan bahkan menyedihkan. Semua cerita selama di sekolah akan tumpah ruah dalam satu buah Year Book.

Dalam buku tahunan juga akan dicantumkan identitas siswa dan guru secara lengkap. Nama, alamat rumah, alamat email, nomor telepon dan lain sebagainya. Tidak lupa pula kata-kata mutiara unik dan menarik yang terkadang membuat tersenyum ketika membacanya.

2. Media Informasi Siswa dan Sekolah

Terkadang, seseorang membaca kembali buku kelulusan sekolahnya untuk menemukan informasi tentang teman-teman sekolah. Year Book akan menjadi media informasi yang penting karena berisi identitas dan foto siswa.

Reuni antar siswa bisa saja terjadi karena kembali membuka-buka buku tahunan ini. Menemukan rekan yang telah lama tidak pernah dihubungi atau yang sudah putus komunikasi. Inilah mengapa Year Book menjadi buku yang cukup penting.

 

Ciri-Ciri Buku Tahunan Sekolah

Tidak ada batasan tersendiri dalam membuat sebuah buku kelulusan sekolah. Akan tetapi, buku ini pastinya akan diciptakan seindah dan semenarik mungkin. Berikut ini adalah ciri-ciri Year Book untuk dipelajari.

Baca juga:  Cutting Stiker, Rekomendasi Stiker Pilihan Anda!

1. Berbentuk Majalah atau Album Foto

Year Book biasanya akan dibentuk menjadi seperti sebuah majalah atau setidaknya seperti sebuah Album Foto. Ukurannya besar dengan desain keren sehingga menarik untuk dibaca.

Setiap halamannya dibuat dengan penuh warna dan cerita. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan keceriaan dan membangkitkan kenangan manis bagi orang-orang yang membacanya.

2. Menggunakan Kertas Tebal

Year Book umumnya dicetak di atas kertas tebal dan glossy. Salah satu contohnya adalah menggunakan kertas art paper, ivory, art carton, dupleks dan lain sebagainya. Mereka juga akan dicetak dengan halaman penuh warna.

 

Manfaat Buku Tahunan

Meskipun buku ini pada akhirnya untuk disimpan oleh masing-masing siswa, namun Year Book tetap memiliki arti dan makna tersendiri. Berikut ini adalah manfaat memiliki sebuah buku tahunan yaitu:

1. Media Nostalgia dan Silaturahmi

Bagi siswa, buku tahunan akan menjadi tempat menemukan kembali gairah dan semangat belajar di masa muda. Terkadang ada masa seseorang ingin kembali mengulang masa-masa di sekolah sekedar untuk bernostalgia.

Mantan siswa pun dapat saling menghubungi kembali dan menjalin silaturami dan komunikasi yang sempat terputus. Year book akan membantu untuk menjembatani selama tidak ada perubahan alamat rumah atau nomor telepon.

2. Media Promosi Sekolah

Selain berguna untuk para siswa, Buku Tahunan Sekolah juga sangat bermanfaat bagi sekolah. Tidak sedikit sekolah yang mendesain Year Book mereka dengan sedemikian rupa supaya orang lain tertarik untuk membacanya. Artinya, Year Book bisa dipakai sebagai Media Promosi.

Anda pun pasti memiliki Year Book dari setiap level sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas dan bahkan dari Universitas. Jika rindu seragam sekolah, Anda bisa melihat-lihat kembali keceriaan di masa lalu. Hal ini akan menjadi semacam penambah semangat saat Anda bosan dengan aktivitas sehari-hari.

Baca juga:  Definisi, Fungsi, Ciri dan Manfaat Voucher bagi Tempat Usaha

 

Sumber :

https://www.albumbiru.com/artikel/8-artikel/7-apa-itu-yearbook

https://rkforcreative.com/2012/12/21/buku-tahunan-sekolah/

https://creativeshoot.net/blog/manfaat-buku-tahunan-sekolah/

https://store.primagraphia.co.id/manfaat-mencetak-buku-tahunan/

https://rkforcreative.com/2019/01/14/tips-membuat-buku-tahunan-sekolah-sd-tk/

http://www.tablenumber10.com/2019/04/30/kenali-7-jenis-kertas-untuk-cetak-buku/

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?