Our Blog

Mengenal Flyer : Definisi, Fungsi, Ukuran, dan Manfaatnya

Anda pasti pernah menerima selebaran yang dibagikan orang atau instansi tertentu di jalan raya, pameran atau tempat usaha. Ya, selebaran itu disebut dengan flyer. Beberapa orang menyebutnya dengan nama brosur, pamflet, booklet dan lain sebagainya. Berikut ini akan dibahas lebih mendalam tentang definisi dari istilah ini beserta ukuran, fungsi atau manfaatnya.

flyer adalah

Pengertian Flyer

Flyer adalah sebuah media promosi yang dipergunakan oleh sebuah perusahaan atau instansi untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka. Media promosi ini berbentuk lembaran kertas yang dibagikan kepada masyarakat secara langsung.

Media promosi ini biasanya dicetak dalam bentuk yang mudah dibawa. Ukurannya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Pembuatan selebaran ini pun bervariasi. Bisa menggunakan kertas A3 atau A4 yang dipotong-potong sesuai kebutuhan.

Pembagian media promosi ini bisa dimana saja. Seperti disebutkan sebelumnya, membagian selebaran ini bisa dilakukan di jalan-jalan raya, pameran, tempat keramaian, bahkan di depan kantor tempat usaha itu sendiri. Tidak ada batasan tertentu bagi orang-orang yang menyebarkan selebaran.

Ada satu hal yang perlu digarisbawahi pada media promosi yang satu ini. Pada dasarnya, selebaran promosi ini berbeda dengan brosur meskipun banyak orang yang menganggapnya sama saja. Selebaran ini hanya terdiri dari satu lembar kertas saja, sedangkan brosur bisa lebih bervariasi.

Baca juga:  Tent Card ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaatnya

 

Fungsi Flyer

 Sebagai salah satu media promosi, tentunya flyer memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini kami rangkumkan.

1. Untuk Memperkenalkan Produk dan Jasa

Fungsi pertama dari media promosi ini adalah untuk memperkenalkan produk dan jasa baru yang dimiliki sebuah lembaga atau bidang usaha. Karena sifatnya masih baru, mereka menggunakan selebaran ini supaya calon konsumen merasa tertarik.

Informasi yang bisa diberikan dalam sebuah selebaran tidak sebanyak yang bisa dicantumkan dalam brosur. Oleh sebab itu, dengan keterbatasan informasi yang dibungkus dengan bahasa iklan menarik, diharapkan calon pelanggan akan penasaran.

2. Untuk Menjual Produk dan Jasa

Flyer juga dianggap sebagai media promosi pengingat. Hal ini biasanya digunakan untuk produk yang sudah lama launching atau jasa yang sudah umum dipakai. Selebaran ini akan merefresh kembali ingatan para pelanggan akan produk yang diiklankan.

Selebaran ini tentunya berfungsi untuk meningkatkan kembali penjualan produk atau jasa sebuah bidang usaha. Mereka berusaha menggenjot penjualan dengan cara mengingatkan pelanggan dengan pembagian selebaran seperti ini.

3. Sebagai Media Promosi Praktis

Beiklan dengan selembar kertas merupakan media promosi yang sangat praktis. Media ini tidak membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Biayanya bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan media cetak, iklan media online ataupun media promosi besar lainnya.

Selain itu, promosi menggunakan selembar kertas iklan adalah salah satu yang tepat sasaran. Selebaran ini akan dibawa langsung oleh pelanggan yang sewaktu-waktu bisa mereka baca kembali. Begitu membutuhkan, pelanggan akan langsung teringat akan lembaran iklan yang dibawanya.

 

Ciri-ciri Flyer

Anda mungkin banyak menerima selebaran-selebaran usaha yang beraneka ragam bentuknya. Tidak semua selebaran ini adalah flyer. Seperti disebutkan sebelumnya, ada juga selebaran yang bernama brosur yang juga dibagikan secara langsung pada pelanggan.

Baca juga:  Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

Untuk mempermudah, mari kita pelajari bagaimana ciri-ciri dari sebuah selebaran iklan. Berikut ini diantaranya :

1. Terdiri dari satu lembar kertas

Berbeda dengan brosur yang biasanya bentuknya berlipat-lipat, selebaran ini hanya terdiri dari satu lembar kertas saja. Ukurannya tidak lebih besar dari kertas A5. Kertas iklan ini tidak dilipat ataupun dijilid. Penerima selebaran biasanya akan langsung membuang atau melemparkannya begitu selesai membaca informasi.

Dikarenakan bentuknya yang hanya satu lembar kertas, benda tipis ini akan nampak terbang ketika dilemparkan. Itulah awalnya mengapa media promosi ini disebut dengan selebaran yang bisa terbang atau fly.

2. Ukurannya kecil dan mudah dibawa

Bagi pelanggan yang tertarik, biasanya mereka akan melipat dan mengantongi atau langsung dimasukkan ke dalam tas. Ukuran selebaran harus sederhana, kecil dan mudah dibawa. Pembagi selebaran ini pun tidak akan kesulitan untuk mengambil satu persatu saat menyebarkannya pada pelanggan.

 

Manfaat Flyer

Setelah mengetahui definisi dan ciri selebaran ini, sekarang akan dibahas mengenai manfaat flyer. Diantaranya adalah :

1. Memberikan Informasi dengan Ringkas dan Padat

Selebaran ini berisi informasi singkat mengenai sebuah produk atau jasa. Karena ukurannya yang hanya selembar kertas, informasi yang dituliskan pasti padat dan jelas. Karena itulah, lembar iklan ini lebih mengena pada pelanggan.

2. Tidak Membebani Penerimanya

Dengan ukurannya yang kecil, selebaran ini tidak akan menjadi beban bagi orang yang menerimanya. Mereka bisa langsung membuang di tempat sampah ataupun langsung dimasukkan dalam tas tanpa khawatir memberati.

3. Efektif dan Efisien bagi Pemilik Usaha

Media promosi yang satu ini adalah jenis media yang efektif dan efisien. Meskipun pada akhirnya banyak terbuang, tidak dipungkiri bahwa selebaran ini jauh lebih tepat sasaran. Hal ini dikarenakan calon pelanggan membaca langsung dan lebih merasuk dalam ingatan ketimbang iklan yang lewat saja.

Baca juga:  Abadikan Memori Indah ke Baitullah Dalam Buku Kenangan Umroh Dan Haji

Itulah beberapa informasi mengenai flyer dan segala macamnya. Bagi Anda para pemilik usaha, menggunakan media promosi ini memang sangat penting. Selebaran ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan membuat produk lebih banyak dikenal masyarakat.

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?