Our Blog

Definisi Kalender : Fungsi dan Ciri-Cirinya

Kalender atau sistem penanggalan adalah benda yang tak boleh terlewatkan baik di rumah, kantor, sekolah atau tempat usaha walaupun hanya ada satu buah saja. Meski sepele, benda ini adalah petunjuk yang sangat penting. Meskipun sering digantung di sudut tak terjangkau, namun akan sangat merepotkan jika tak kunjung menemukannya saat dibutuhkan. Tanpa adanya penanggalan, seseorang akan seperti buta waktu. Tidak tahu sedang berada di hari apa, bulan apa dan tahun berapa.

kalender

Pengertian Kalender

Singkat kata, kalender adalah sebuah sistem yang dipergunakan untuk menunjukkan sebuah periode waktu. Dalam sistem ini terdapat nama hari, bulan dan tahun yang diperoleh berdasarkan penghitungan waktu dengan sistem tertentu.

Banyak sekali sistem penghitungan penanggalan yang ada di muka bumi ini. Namun, ada beberapa penghitungan yang lazimnya dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Diantaranya adalah :

1. Sistem Penanggalan Masehi

Sistem Penanggalan yang satu ini dibuat dengan rujukan penghitungan tarikh dan tahun gregorian. Tahun awal masehi dimulai dari tahun nabi Isa AS dilahirkan. Tahun sebelum nabi Isa dilahirkan, disebut dengan tahun sebelum masehi.

Sistem Penanggalan masehi dipergunakan oleh seluruh dunia. Meskipun mereka pada dasarnya memiliki sistem penanggalan lainnya, namun sistem masehi yang menyatukan komunikasi dari setiap negara.

2. Sistem Penanggalan Jawa

Sistem Penanggalan yang satu ini banyak dipergunakan oleh suku Jawa. Penanggalan ini dihitung berdasarkan penggabungan sistem penanggalan islam, hindu dan barat. Masyarakat jawa masih menggunakan sistem ini untuk berbagai macam kepentingan.

Baca juga:  Print Indoor ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat

3. Sistem Penanggalan Saka

Sistem Penanggalan saka adalah sistem penghitungan waktu yang berasal dari India. Sistem ini menggunakan penghitungan berdasarkan peredaran bulan dan matahari. Penanggalan saka dimulai saat Masehi memasuki tahun ke 78.

4. Sistem Penanggalan Hijriah

Sistem Penanggalan yang satu ini dipergunakan oleh seluruh umat muslim di semua penjuru dunia. Penanggalan ini dimulai dari tahun kepindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Sistem hijriah berjarak sekitar 622 tahun dari Sistem Masehi.

5. Sistem Penanggalan China

Sistem Penanggalan china adalah sistem penghitungan waktu yang paling tua. Kalender ini diciptakan 2600 tahun sebelum munculnya sistem masehi. Penciptanya adalah seorang raja dari China. Sistem penghitungannya juga menggunakan sistem peredaran matahari dan bulan.

 

Fungsi Kalender

Bukan hanya sebatas penghias ruang, kalender mempunya fungsi yang sangat penting dan pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Berikut ini fungsi sebuah penanggalan di tempat Anda, yaitu :

1. Mempermudah Mengingat Waktu

Tujuan utama diciptakan penanggalan adalah untuk mempermudah manusia mengetahui hari, bulan dan tahun. Mereka bisa dengan mudah menandai waktu dan hari-hari penting dalam kehidupannya.

2. Media Promosi

Selain berfungsi bagi diri probadi, penanggalan juga bisa berfungsi dan memberikan manfaat bagi sebuah bidang usaha. Penanggalan sering dimanfaatkan untuk dijadikan media promosi. Media promosi ini banyak dipakai untuk meningkatkan brand perusahaan.

 

Ciri-ciri Kalender

Ada banyak macam dan jenis kalender yang dipergunakan sehari-hari. Setiap penanggalan memiliki ciri dan ukuran tersendiri. Begitu pula dengan pengaplikasiannya. Berikut ini adalah bentuk-bentuk penanggalan yang umum dipakai, yaitu :

1. Penanggalan Dinding

Jenis yang pertama adalah penanggalan dinding. Seperti namanya, jenis dinding ini dicetak untuk digantung atau diletakkan di dinding. Penanggalan ini paling banyak dipergunakan di rumah-rumah.

Baca juga:  Print A3+ - Mengenal Definisi, Fungsi dan Ciri-cirinya

Penanggalan dinding juga banyak dimanfaatkan sebagai media promosi tepat sasaran. Tempat usaha bisa mencetak informasi produk dan jasa di lembar penanggalan. Harapannya, ketika pemilik melihatnya, mereka juga akan melihat produk dan jasa yang ditawarkan.

2. Penanggalan Meja

Penanggalan meja atau duduk lebih banyak dipergunakan di perkantoran atau instansi resmi. Penanggalan ini diletakkan di meja. Umumnya, model penanggalan seperti ini berbentuk segitiga yang bisa berdiri sendiri tanpa penyangga.

3. Penanggalan Poster

Penanggalan poster pada dasarnya adalah sama dengan model dinding. Caranya menggunakannya juga diletakkan di dinding dengan cara digantung atau ditempelkan. Hanya saja, model poster hanya terbuat dari selembar kertas saja.

Penanggalan dalam kalender poster dibuat seminim mungkin, namun tetap dalam batas bisa dilihat. Sesuai namanya, penanggalan poster akan berisi gambaran produk dan jasa sebuah usaha. Komposisinya lebih besar dari tulisan penanggalan itu sendiri.

 

Manfaat Kalender

Penanggalan meskipun dianggap sebagai barang remeh dan kadang terkesan tidak penting, namun barang ini dapat memberikan manfaat besar bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat penanggalan yang bisa dirasakan.

  1. Mempermudah Aktivitas

Pengguna penanggalan akan merasa lebih mudah dalam beraktivitas. Mereka dapat membuat rencana-rencana kegiatan untuk mempermudah aktivitasnya. Biasanya, rencana kegiatan akan dituliskan pada catatan atau keterangan yang terdapat pada sisi kiri kanannya.

  1. Meningkatkan Image Perusahaan

Perusahaan yang membuat media promosi dalam bentuk penanggalan akan meningkat imagenya di mata masyarakat. Apalagi jika bentuknya sangat unik dan menarik, pasti akan diperebutkan untuk dipajang di rumah atau kantornya.

Inilah beberapa informasi mengenai kalender dan segala macamnya. Jangan meremehkan penanggalan meskipun setiap tahun selalu berganti. Ini tetap menjadi benda penting yang harus ada di sekitar kita.

Baca juga:  Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

 

Sumber :

Pengertian Kalender

Pengertian Kalender dan Macam – Macam Kalender

Fungsi dan Macam Kalender

 

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?