Our Blog

Kartu Nama : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat

Pernahkah Anda mendapatkan sebuah kartu nama saat berkenalan dengan seseorang? Sebuah kertas tebal berukuran kartu ATM ini lazim diberikan ketika individu profesional saling berkenalan. Kartu ini biasanya berisikan nama, alamat dan tempat bekerja orang yang bersangkutan. Kartu ini penting dalam bisnis terutama marketing. Namun, tidak banyak orang yang memanfaatkannya. Beberapa orang bahkan tidak memiliki benda sepenting ini.

kartu nama

Pengertian 

Definisi dari kartu nama adalah sebuah kartu yang berisikan nama, alamat, nomor telepon, alamat email, alamat kantor dan hal-hal penting terkait pekerjaan. Kartu ini hanya berisikan informasi yang berhubungan dengan pekerjaan, bukan yang bersifat individu atau privasi.

Penggunaan kartu ini memang sudah tidak sepopuler dahulu. Akan tetapi, kartu ini menjadi alat yang sangat penting untuk proses perkenalan diri secara formal. Karena itulah, setiap profesional pasti memiliki sebuah name card terlepas dibutuhkan atau tidak.

Selain sebagai alat identifikasi diri, kartu ini juga membawa nama perusahaan. Setidaknya, image pemilik name card berdiri di bawah image perusahaan yang dibawanya. Semakin bonafid perusahaan tempatnya bekerja, semakin tinggi pula branding pemilik kartu ini.

 

Fungsi 

Mungkin ada yang menganggap bahwa kartu nama hanya berfungsi untuk alat atau media perkenalan saja. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun tahukah Anda bahwa name card juga merupakan salah satu media promosi?

Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat beberapa fungsi kartu pengenal berikut ini. Diantaranya adalah :

Baca juga:  Sertifikat - Pengertian, Fungsi, dan Ciri-cirinya

1. Memberikan Informasi Diri

Dengan adanya kartu nama, seseorang tidak perlu lagi menyebutkan jabatan dan tempatnya bekerja. Cukup dengan menyebutkan nama dan memberikan kartu ini saja.

Hal ini tentu saja akan lebih efektif dibandingkan dengan menyebutkan nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email dan lain sebagainya. Selain itu, orang lain akan lebih mudah menghubungi Anda dengan kartu yang Anda berikan.

2. Memberikan Informasi Perusahaan

Kartu nama juga akan membantu orang lain mengenali perusahaan Anda. Katakanlah Anda datang untuk memperkenalkan produk baru. Dengan melihat nama perusahaan di business card Anda, setidaknya orang lain akan memiliki gambaran dari perusahaan mana Anda berasal.

3. Media Promosi

Fungsi name card yang terakhir adalah sebagai media promosi. Jika perusahaan Anda masih baru dan belum banyak dikenal, kartu ini akan membantunya menjadi lebih terkenal.

Secara tidak langsung, orang yang menerima name card Anda akan mencoba mengingat dan bahkan mencari tahu nama perusahaan tempat Anda bekerja. Suatu ketika, jika membutuhkan produk atau jasa Anda, mereka memiliki kartu anda dengan alamat dimana Anda bisa dihubungi.

 

Ciri-ciri Name Card

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari sebuah kartu yanag ada nama didalamnya. Diantaranya adalah :

1. Ukuran Standar

Setiap tempat memiliki standar yang berbeda untuk ukuran kartu ini. Berikut ini adalah ukuran-ukuran yang dipergunakan di beberapa tempat yaitu :

  • Standar Internasional 7,4 x 5,2 cm
  • Indonesia 9 x 5,5 cm
  • Eropa 8,5 x 5,5 cm
  • Jepang 9,1 x 5,5 cm
  • China, Korea, Malaysia dan Singapura 9 x 5,4 cm
  • Amerika 9 x 5 cm

2. Bahan Pembuatan

Bahan pembuatan kartu nama umumnya adalah kertas art paper, karton, blues white, linned jepang, mohawk option, linned holland dan lain sebagainya. Penggunaan kertasnya tergantung dari kebutuhan dan selera pemiliknya.

Baca juga:  Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Serta Manfaat Stop Map Untuk Administrasi

3. Isi Name Card

Umumnya, sebuah name card berisikan beberapa informasi terkait pekerjaan, yaitu :

  • Nama
  • Alamat Kantor
  • Nomor Telp
  • Nomor Handphone
  • Alamat Email
  • Jabatan
  • Nama Perusahaan

Akan tetapi, ada juga seseorang yang membuat business card pribadi. Umumnya, mereka adalah pekerja ahli atau tidak bergabung dengan sebuah perusahaan. Kartu bisnis pribadi ini tidak mencantumkan nama perusahaan, namun lebih pada informasi keahlian yang dimiliki.

 

Manfaat 

Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh sebuah kartu nama. Kartu kecil ini bisa menjadi barang ajaib yang mampu meningkatkan image diri dan perusahaan Anda. Mengapa demikian?

1. Sebagai Personal Branding

Bagi seorang profesional, memiliki sebuah name card itu penting dan wajib. Meskipun tidak selalu berkenalan dengan orang atau komunitas baru setiap hari, kartu ini sebaiknya selalu dipersiapkan dan dibawa.

Kartu bisnis ini akan menjadi personal branding seseorang ketika dia hendak membuka pintu perkenalan ke orang-orang baru. Profesionalisme akan lebih terlihat dengan memberikan kartu ini dibandingkan mereka yang datang dengan tangan kosong.

2. Meningkatkan Image Perusahaan

Dengan kartu nama, seseorang akan terlihat lebih profesional dan berpengalaman. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada image perusahaan yang mereka bawa. Semakin menarik desain dan model kartu bisnis ini, semakin bagus pula branding perusahaan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai name card yang perlu Anda ketahui. Jadi mulai sekarang, pastikan Anda selalu membawa kartu ini ke manapun Anda pergi. Anda tidak akan pernah tahu kapan business card  ini akan memberikan manfaat yang besar di masa mendatang.

Sumber :

https://www.creohouse.co.id/tag/pengertian-kartu-nama/

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?