Our Blog

Ciri dan Manfaat Leaflet Adalah…

Pernahkah Anda mendapatkan leaflet? Berbicara mengenai selebaran kecil ini, pasti Anda akan berpikir ini sama saja dengan sebuah brosur atau pamflet. Padahal, ketiga hal ini tentu memiliki ciri dan bentuk yang berbeda. Memang benar, semuanya digunakan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Namun, apa yang membedakannya?

Untuk lembaran kecil tercetak rapi yang ini biasanya memang disebarkan ke khalayak ramai. Bentuknya unik, kecil, dan ringkas. Jadi, benda ini tentu bisa disimpan oleh orang dengan mudah, bahkan untuk dibawa pulang. Ingin tahu lebih lanjut, simak pengertiannya berikut.

leaflet

www.printyo.co.uk

Pengertian Leaflet

Benda ini merupakan sebuah sarana untuk melakukan publikasi atau pengumunan dalam bentuk selebaran. Selebaran ini memiliki ukuran yang kecil, tidak seperti spanduk maupun baliho. Namun, selebaran ini akan mengandung informasi yang penting yang bisa membuat khalayak ramai menantikannya.

Umumnya, selebaran ini terdiri dari beberapa karakter huruf saja. Ada yang berisi 200 hingga 400 karakter dalam setiap lembarnya. Namun, jenis huruf dipilih dengan sebaik mungkin agar terlihat menarik. Demikian pula dengan penataan tulisan akan dilakukan dengan sedemikian rapi mungkin.

Fungsi Leaflet

Mungkin saja, Anda pernah mendapatkan selebaran ini ketika sedang berkendara di tempat umum. Namun, Anda tidak menyadari bahwa benda itu disebut dengan leaflet. Hampir seperti dengan brosur maupun pamflet, benda ini memang memiliki tujuan untuk memberikan informasi. Lalu, apa saja fungsi dari selebaran menarik ini?

Baca juga:  Tent Card ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaatnya

1. Sarana branding atau promosi

Fungsi pertama dari selebaran ini adalah untuk melakukan branding atau promosi suatu produk baik barang maupun jasa. Ini akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam membaca maupun memahinya. Pasalnya, bahasa yang digunakan dalam selebaran ini memang disusun dengan sebaik dan semudah mungkin untuk dipahami.Anda bisa memberikan informasi seputar produk yang ditawarkan dalam selebaran yang dibuat.

2. Sarana identifikasi

Tidak saja untuk melakukan promosi atau branding suatu barang atau jasa, media ini memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai identifikasi. Perusahaan bisa memberikan logo pada selebaran yang akan diberikan kepada masyarakat luas.

Contohnya saja jika selebaran ini dikeluarkan oleh pihak universitas, maka isinya bisa beruba informasi penting mengenai jurusan, biaya, maupun hal lain tentang universitas tersebut.

3. Sarana informasi menarik

Nah, fungsi utama dari selebaran ini tentu saja sebagai sarana informasi yang super baik dan mengesankan. Penggunaannya digunakan untuk melakukan informasi mengenai petunjuk arah maupun hal lain. Contohnya saja selebaran yang akan Anda terima ketika berada di tempat wisata. Bukankah itu berisi mengenai informasi tentang petunjuk arah, jam buka dan tutup, dan hal lainnya bukan?

Bentuk benda ini biasanya memang dibuat dengan semenarik mungkin. Kertas yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Bahkan, gambar-gambarnya pun terlihat sangat unik dan mengesankan. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membacanya.

Ciri-ciri Leaflet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selebaran ini mungkin memiliki tujuan yang sama dengan brosur. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi. Namun kenyataannya, bentuk dan isinya berbeda. Berikut beberapa ciri-ciri leaflet.

1. Bentuknya dilipat

Selebaran ini biasanya dilipat dalam dua kali hingga 3 kali lipatan. Sebelum dilipat, kertas yang biasa digunakan untuk mencetaknya berukuran A4 standar atau mungkin F4.

Baca juga:  Tingkatkan Omset Perusahaan Melalui Hang Tag Branding

2. Terdapat dua muka halaman

Jika brosur maupun pamflet hanya memiliki satu muka halaman saja, namun selebaran ini memiliki dua muka halaman. Nantinya, ini akan dirancang untuk dilipat sebaik mungkin agar lebih mudah untuk ditempatkan di tempatnya.

3. Informasi yang disampaikan padat dan jelas

Informasi yang disampaikan dalam selebaran ini sangat singkat, padat, dan jelas. Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan dalam selebaran tersebut.

4. Gambar yang ditampilkan sesuai informasi

Gambar yang ditampilkan dalam selebaran ini biasanya sesuai dengan informasi yang disampaikan. Contohnya, jika gambarnya mengenai suatu tempat wisata, maka informasinya adalah mengenai tempat wisata tersebut.

Manfaat Leaflet

Tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, namun benda ini ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa diantaranya.

1. Sebagai referensi

Selebaran ini bisa dijadikan sebagai suatu referensi. Contohnya saja ketika Anda akan membuat laporan atau pun tugas, Anda bisa mendapatkan informasi dari selebaran ini. Artinya, benda ini berguna sebagai referensi bahan tugas Anda.

2. Membantu media lainnya

Manfaat lain dari benda kecil ini adalah untuk membantu media lain. Contohnya saja, sebenarnya di suatu tempat sudah ada media lain untuk menginformasikan sesuatu hal secara langsung dengan lisan. Namun dengan selebaran ini, orang-orang bisa terbantu ketika suatu kali tidak bisa mendapatkan informasi melalui media suara atau lainnya.

Selebaran ini bisa dijumpai dengan mudah di berbagai tempat. Ada pula perusahaan yang menggunakan media ini untuk menginformasikan profil maupun identitas perusahaannya. Dengan desain menarik, sangat memungkinkan jika benda ini nantinya akan disimpan oleh para konsumen. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan leaflet?

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?