Our Blog

Apa Itu Pamflet? Berikut Ciri-ciri dan Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar tentang pamflet? Ini merupakan sebuah media yang biasanya digunakan untuk melakukan promosi. Produk ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Bentuknya sangat bervariasi mulai dari selebaran, risalah, maupun dalam bentuk gambar. Tulisan bisa terdapat pada kedua sisi lembaran terebut.

Bentuk dari benda ini biasanya selebaran kecil. Biasanya, media promosi ini dibagikan di jalan-jalan maupun di pusat perbelanjaan untuk menawarkan sesuatu. Meskipun bentuknya kecil, namun cukup ekonomis untuk melakukan promosi.

pamflet

www.bannersnack.com

Pengertian Pamflet

Ini adalah sebuah media selebaran yang biasanya dicetak dalam jumlah yang besar. Selebaran ini bisa beruba tulisan saja atau kombinasi dalam bentuk gambar dan tulisan. Benda ini bisa terdiri dari selembar  maupun berlembar-lembar yang disatukan menjadi satu dengan menggunakan staples.

Produk promosi ini sudah ada sejak jaman dahulu. Media promosi ini muncul tepatny apada masa Renaisans yang sangat berperan dalam Revolusi di Amerika dan Eropa. Dengan menggunakan mesin cetak, benda ini diproduksi secara massal dalam jumlah ribuan lembar dalam waktu yang sangat cepat. Hingga sekarang, media ini masih digunakan di berbagai Negara.

Fungsi Pamflet

Apa fungsi dari selebaran keren ini?  Diantara beberapa fungsi dari benda ini adalah sebagai berikut.

1. Sarana distribusi informasi

Fungsi dari selebaran ini diantaranya adalah untuk mendistribusikan informasi. Dari dahulu hingga sekarang,banyak pihak yang memanfaatkan benda ini untuk menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain. Informasi ini bisa berupa berita maupun promosi barang dan jasa.

Baca juga:  Floor Graphic , Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Manfaat

2. Media branding

Fungsi dari pamflet juga bisa dijadikan sebagai branding. Apakah Anda memiliki produk barang atau jasa yang ingin dipromosikan? Buatlah promosi dengan menggunakan kertas selebaran. Jangan lupa, gunakan kata-kata yang menarik. Jika memungkinkan, tambahkan gambar untuk menarik perhatian orang yang membacanya.

3. Sarana edukasi

Selebaran dalam bentuk ini juga bisa dijadikan sebagai media edukasi kepada masyarakat luas. Isi yang terdapat dalam selebaran bisa berupa edukasi mengenai dunia kesehatan, pendidikan, maupun hal-hal yang sedang menjadi trending pada masa tersebut.

Ciri-ciri Pamflet

Banyak orang yang merasa bingung untuk membedakan brosur dengan selebaran ini. Dilihat dari fungsinya, kedua benda ini memang sama-sama digunakan untuk melakukan promosi. Namun, bentuknya cukup berbeda. Selebaran ini biasnya dilipat dari ujung ke ujung agar bisa dibagikan dengan mudah.

Berikut beberapa ciri media promosi ini dengan media promosi lainnya.

1. Bahasa yang digunakan singkat dan jelas

Bahasa yang digunakan dalam selebaran ini biasanya singkat, padat, dan jelas. Jadi, siapa saja yang akan membacanya bisa memahami dengan lebih mudah.

2. Bersifat mengajak

Bahasa yang digunakan dalam sebuah selebaran biasanya mengajak alias persuasif. Hal ini akan membuat produk yang sedang dipromosikan melalui media selebaran akan menjadi semakin menarik dan cepat laku.

3. Penulisan jelas dan mudah dibaca

Namanya saja melakukan promosi, setiap orang harus menggunakan ejaan yang jelas. Pamflet biasnaya ditulis dengan menggunakan jenis tulisan yang jelas. Jadi, bacaan dalam selebaran ini akan mudah untuk dibaca.

4. Berisi tentang hal-hal baru

Selebaran ini biasanya berisi tentang sesuatu hal yang baru yang akan menarik perhatian pembaca. Contohnya saja mengenai informasi maupun fakta-fakta terbarukan yang sedang beredar di masa sekarang.

Baca juga:  Brosur, Alat Promosi Yang Masih Menjadi Primadona

Informasi yang diberikan dalam sebuah selebaran jenis ini sangat bervariasi. Ada selebaran yang memberikan informasi seputar ilmu-ilmu agama, kesehatan, maupun tentang dunia bisnis.

Manfaat Pamflet

Banyak pihak yang menggunakan benda ini karena dinilai memiliki manfaat yang sangat beragam. Berikut beberapa manfaat dari selebaran kecil nan berguna ini.

1. Memberikan anjuran

Selebaran dalam bentuk ini bisa berisi tentang anjuran-anjuran yang harus dilakukan oleh masyarakat. Contohnya saja, anjuran untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit Demam berdarah. Selebaran ini banyak dibagikan di kalangan masyarakat untuk menghimbau masyarakat agar selalu hidup sehat.

2. Mengingatkan kembali

Manfaat lain dari adanya selebaran adalah untuk mengingatkan kembali kepada orang-orang untuk melakukan hal-hal yang sering disepelekan. Contohnya saja, mengingatkan kembali untuk membuang sampah pada tempatnya, menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum masuk ke suatu instansi, dan lain-lain.

3. Memberikan ajakan yang positif

Selebaran juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan ajakan-ajakan positif kepada masyarakat. Selebaran yang seperti ini seringkali disebarkan di lingkungan masyarakat sekitar. Tujuannya tentu saja untuk membuat masyarakat melakukan tindakan yang positif.

4. Memberikan hiburan

Disamping memberikan informasi berupa himbauan, ajakan, maupun mengingatka kembali kepada masyarakat, benda ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menghibur. Adanya slogan dan gambar-gambar menarik yang tercantum akan membuat masyarakat merasa terhibur ketika membacanya.

Sejak berabad-abad, selebaran ini masih sering digunakan dalam kehidupan manusia. Alat penting ini bahkan dijadikan sebagai alat kampanye. Selebaran ini telah menjadi bukti fisik dari kehidupan manusia mulai dari zaman yang masih tradisional hingga berubah menjadi maju seperti sekarang. Anda bisa menggunakan pamflet dengan model yang canggih yang didesain menggunakan teknologi desain grafis terbaik di era ini.

Baca juga:  Ingin Tahu Tentang One Way Vision Sticker? Simak Pengertian dan Fungsinya di Sini

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?