Our Blog

Print A3+ – Mengenal Definisi, Fungsi dan Ciri-cirinya

Teknologi digital printing di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Karena itulah, Anda mungkin akan mendengar istilah Print A3. Dalam dunia digital printing, istilah ini sudah menjadi istilah yang sangat umum dan seringkali dipergunakan. Ini adalah sebuah hasil cetakan atau printing dengan menggunakan kertas A3. Kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai definisi, fungsi, ciri-ciri dan manfaat dari salah satu produk digital printing ini.

print a3+

Pengertian Print A3 dan A3+

Seperti disebutkan sebelumnya, Print A3 adalah teknik mencetak gambar, desain, tulisan, ataupun sketsa pada sebuah kertas berukuran A3. Print ini banyak dipergunakan untuk kebutuhan seperti pembuatan buku meeting, kartu nama, map perusahaan, agenda, brosur perusahaan dan lain sebagainya.

Mencetak dengan menggunakan kertas A3 jarang dipergunakan sehari-hari dalam kebutuhan tulis-menulis atau perkantoran. Pasalnya, kertas ini memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan kertas folio atau A4 yang sudah biasa dipergunakan setiap hari.

Umumnya, Print dengan kertas A3 digunakan untuk kepentingan tertentu saja. Tidak semua instansi atau lembaga mempergunakan jenis kertas A3. Selain itu, tidak banyak printer standar yang applicable untuk ukuran kertas A3. Dibutuhkan printer tertentu yang ukurannya jauh lebih besar.

Oleh sebab itu, pencetakan di kertas A3 umumnya hanya dilakukan ketika ada permintaan saja. Perusahaan digital printing memang sudah mempersiapkan kertas A3 secara khusus bagi mereka yang membutuhkannya. Maka dari itu, jenis print ini disebut print on demand atau mencetak sesuai kebutuhan.

Baca juga:  Definisi, Fungsi, Ciri dan Manfaat Voucher bagi Tempat Usaha

 

Fungsi Print A3

Meskipun tidak selalu terlihat dalam bentuk asli kertas A3, namun rupanya penggunaan kertas ini jauh lebih luas. Kertas A3 dirasakan jauh lebih hemat dan efisien untuk berbagai macam kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi Print A3 yang bisa Anda pelajari.

1. Mencetak Selebaran

Kegunaan pertama dari mencetak dengan kertas ukuran A3 adalah untuk mencetak selebaran atau sesuatu yang dibagikan kepada orang lain. Contohnya adalah kartu nama, brosur, flyer, booklet dan lain sebagainya.

Jika Anda melihat bentuk selebaran tersebut, pasti tidak akan menyangka bahwa mereka terbuat dari kertas ukuran A3. Hal ini dikarenakan bentuknya jauh lebih kecil dari pada kertas A3.

Mengapa kertas A3 dipergunakan untuk mencetak selebaran? Karena hal ini jauh lebih hemat dan efisien dibandingkan menggunakan kertas berukuran lebih kecil. Anda hanya tinggal memotong-motong saja ke dalam ukuran sesuai yang diinginkan.

2. Mencetak Foto

Print A3 juga banyak dipergunakan untuk mencetak foto. Umumnya, masyarakat mencetak foto berukuran A3 untuk diletakkan di rumah atau ruang pribadi. Ukurannya sangat pas untuk dilihat dari jarak kurang dari 5 meter.

3. Mencetak Agenda atau Majalah Perusahaan

Salah satu fungsi lain cetak A3 adalah untuk mencetak agenda, buku perusahaan, majalah dan buku-buku lain. Hal ini dikarenakan buku-buku tersebut membutuhkan kertas berukuran lebih besar dari A4.

Mencetak majalah dengan kertas A3 jauh lebih simple karena Anda hanya perlu melipatnya menjadi dua bagian. Tidak perlu memotong, menempelkan ataupun menyesuaikan supaya bagian kiri dan kanannya sama rata.

 

Ciri-ciri Print A3

Kertas ukuran A3 memang tidak banyak dipergunakan oleh perkantoran atau pelajar, namun kertas ini banyak dipakai oleh arsitek, notaris atau desain grafis. Untuk mengetahui ciri print A3, sebaiknya kita pelajari lebih mendalam mengenai ukuran kertas A3 terlebih dahulu.

Baca juga:  Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

Kertas A3 ada dua jenis yaitu kertas A3 dan kertas A3+. Kedua jenis kertas ini memiliki ukuran yang berbeda. Berikut ini perbedaannya.

  1. Ukuran A3 yaitu 29,7 x 42,0 cm
  2. Ukuran A3+ yaitu 32 x 48 cm

Kertas A3 memiliki ukuran dua kali lipat dari kertas A4. Singkatnya, jika Anda membagi kertas A3 menjadi dua bagian, maka akan mendapatkan ukuran kertas A4 yang bersebelahan. Ini adalah cara termudah untuk mengingat ukuran kertas A3.

Sedangkan, ciri print A3 sendiri bisa diketahui dengan cara melihat ukuran kertas yang dipergunakannya. Tentu saja, hal ini bisa dilakukan sebelum kertas A3 dipotong-potong ke bentuk yang diinginkan.

 

Manfaat Print A3

Permintaan cetak dengan menggunakan kertas A3 sekarang ini sudah semakin populer. Hal ini menandakan bahwa cetak dengan kertas A3 memberikan banyak manfaat dibandingkan dengan jenis kertas lain. Berikut ini manfaatnya, yaitu:

1. Lebih Hemat

Menggunakan kertas A3 jauh lebih hemat dibandingkan dengan kertas A4. Terutama untuk pencetakan dokumen-dokumen yang memiliki ukuran lebih besar dari A4. Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan harga kertas A4.

2. Lebih Praktis

Salah satu manfaat yang paling penting adalah kepraktisan dari A3. Cukup dengan memotong dan menyesuaikan dengan kebutuhannya saja. Anda tidak perlu menempel atau menyambung kertas jika cetakannya lebih besar dari ukuran kertas pada umumnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang print A3. Produk digital printing ini akan semakin banyak kegunaan dan manfaatnya jika Anda mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya.

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?