Our Blog

Print Indoor ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat

Dalam dunia percetakan, print indoor adalah salah satu produk yang sangat populer. Produk ini banyak dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas dan kegiatan dalam dunia retail dan marketing.

Merupakan salah satu media cetak yang biasa dipergunakan untuk mempromosikan produk. Salah satu contoh produknya adalah poster dalam ruangan. Berikut ini akan dibahas lebih jauh semua hal tentang hal ini.

print indoor

Definisi Print Indoor

Sebelum membahas tentang pengertiannya, mari kita ulangi sedikit tentang definisi produk digital printing. Salah satu cara untuk melakukan promosi adalah dengan menggunakan media cetak.

Media promosi cetak dibuat oleh jasa percetakan. Jasa ini mencetak beragam bentuk benda dengan bahan dan material tertentu. Contoh barang-barang promosi cetak adalah brosur, banner, spanduk, kartu nama, flyer, booklet dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, media promosi cetak dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

1. Print Indoor

sesuai namanya adalah media promosi yang diperuntukkan untuk diletakkan di dalam ruangan. Contohnya adalah X-banner, poster, wallpaper, kalender dinding, dekorasi untuk pertunjukan dalam ruangan.

Intinya, semua media promosi yang diletakkan di dalam ruang akan dicetak menggunakan mesin printing indoor. Mesin ini memiliki spesifikasi khusus untuk produk promosi di dalam ruangan.

2. Print Outdoor

Kebalikan dari print indoor, print outdoor adalah media promosi yang dipajang atau diletakkan di luar ruangan. Contohnya adalah spanduk jalan, neon box, banner teras dan lain sebagainya.

Baca juga:  Banner Korcin ǀ Definisi, Fungsi, Ciri dan Tujuan

Mesin print outdoor pun memiliki kekhususan tersendiri. Mesin ini harus mampu menghasilkan media promosi cetak yang tahan panas dan hujan.

Fungsi Print Indoor

Setiap media promosi pasti memiliki fungsi tersendiri, begitu pula dengan jenis print indoor. Berikut ini adalah fungsi dari print indoor, yaitu:

1. Menarik Ketertarikan Pembaca

Menghasilkan hasil cetakan yang lebih bagus dan menarik dibandingkan print outdoor. Desainnya lebih kreatif dengan isi lebih padat. Hal ini pasti akan membuat orang yang membacanya jadi tertarik.

2. Media Promosi Praktis

Sering disebut sebagai media promosi praktis. Dengan menggunakan produk-produk print indoor, sebuah jasa usaha tidak hanya melakukan pengenalan produknya saja. Mereka sekaligus melakukan promosi penjualan.

3. Alat Dekorasi

Produk ini bisa dipergunakan sebagai alat dekorasi untuk memperindah ruang usaha. Banyak tempat usaha yang mencetak berbagai macam brosur dan banner untuk diletakkan di ruang-ruang usaha mereka.

Selain sebagai sarana promosi, produk ini tentunya akan mengisi dan mempercantik dekorasi ruangan. Apalagi jika produk print indoor didesain semenarik mungkin supaya menyenangkan untuk dibaca lebih jauh.

 

Ciri-ciri Print Indoor

Produk print indoor sangat banyak, namun secara keseluruhan mereka memiliki ciri yang serupa. Diantaranya adalah :

1. Kualitas Cetak Lebih Tinggi

Hasil cetakannya memiliki kualitas yang lebih bagus dan baik dari pada print outdoor. Desainnya lebih detail dengan warna lebih tajam dan mengena.

Produk yang umumnya diletakkan di dalam ruangan adalah poster, foto, banner, iklan di booth atau stand mall. Anda bisa membandingkan produk ini dengan produk yang ada di luar ruangan. Pasti akan terlihat perbedaan kualitasnya.

Hal ini dikarenakan produk ini memang ditujukan untuk menarik perhatian pembaca dalam sekejap. Mereka diharapkan akan membaca dan mendalami isi dari produk print indoor dengan desainnya yang lebih menarik.

Baca juga:  Apa Itu Stiker Print and Cut?

2. Diletakkan di dalam Ruangan

Produk ini dikhususkan untuk diletakkan di dalam ruangan. Produk ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama jika dibiarkan di dalam ruangan. Namun ketika dipindahkan ke luar ruangan, warnanya akan cepat luntur dalam waktu kurang dari satu bulan.

3. Menggunakan Tinta Water Base

Produk ini menggunakan tinta water base. Itulah mengapa hasil cetaknya tidak bisa bertahan lama ketika terkena sinar matahari. Warnanya akan mudah luntur karena air akan menguap saat terkena sinar.

4. Biaya Relatif Mahal

Dengan kualitas yang lebih tinggi, tentu saja harga produk print indoor sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk print outdoor. Kualitas tinta cetaknya berbeda satu sama lain.

 

Manfaat Print Indoor

Meskipun banyak spanduk dan baliho yang terpampang di jalan dan tempat-tempat umum, sebuah usaha tetap membutuhkan produk print indoor. Mengapa demikian? Karena produk ini akan memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Lebih dekat dengan Pelanggan

Produk ini akan bersentuhan langsung dengan tangan pelanggan. Contohnya seperti brosur atau flyer. Pelanggan akan secara langsung membaca dan mengamati isi dari media promosi tersebut. Beda dengan promosi outdoor yang hanya terlihat saat sekali lewat.

2. Lebih Tahan Lama

Produk ini juga lebih tahan lama dan lebih awet dibandingkan print outdoor. Hal ini akan menghemat dan mengurangi biaya promosi yang harus dikeluarkan oleh jasa usaha.

Produk ini menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia marketing dan promosi. Produk print indoor ini akan selalu menemani dalam upaya peningkatan dan mendorong penjualan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memahami pentingnya produk-produk digital printing lebih jauh.

 

Sumber :

https://www.vendorcetak.com/perbedaan-digital-printing-indoor-dan-outdoor/

http://notedodi.blogspot.com/2017/12/perbedaan-printing-indoor-dan-outdoor.html

Baca juga:  Mengenal Definisi, Fungsi, Ciri-ciri, dan Manfaat Stiker Cromo

https://rhinotec.co.id/mengenal-mesin-digital-printing-indoor/#:~:text=Mesin%20printing%20indoor%20merupakan%20mesin,foto%2C%20dan%20lain%2Dlain.

Fungsi Mesin Digital Printing Indoor dan Outdoor

Jenis Media Promosi Cetak Untuk Indoor Dan Outdoor

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?