Our Blog

Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

Di era modern seperti ini setiap pengusaha dituntut untuk memberikan inovasi yang up to date agar tetap eksis di dunia bisnis yang sedang dijalankan. Berbagi macam inovasi kreatif dibutuhkan agar dapat mencuri perhatian para konsumen yang mencari sebuah produk. Salah satu inovasi terbaru yaitu menggunakan sablon kemasan.

Selain berguna untuk mempercantik produk sablon atau label kemasan juga menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki dan sebagai media promosi yang ekonomis. Sehingga pelanggan mengingat hal yang menarik dari produk Anda karena berbeda dari yang lainnya.

Sablon Kemasan

Pengertian Sablon kemasan

Setiap produk makanan ataupun produk yang lainnya tentunya membutuhkan pengemasan. Setiap produk memiliki beragam bentuk desain yang berbeda-beda dengan tujuan menawarkan suatu produk bagi para pelanggan.

Sablon ini  merupakan salah satu inovasi kreatif yang dibuat untuk memberikan tampilan yang lebih baik yang mengandung merek, label serta informasi tentang produk itu sendiri. Dengan memiliki kemasan yang diinovasi pemilik usaha memiliki identitas resmi yang dapat bersaing dengan produsen lain.

Fungsi Sablon kemasan

Penggunaan kemasan pada setiap produk tentunya menambah nilai tambah dalam penjualan bagi produk, apalagi kemasan dalam produk tidak polos melainkan kemasanya langsung tercantum nama dan logo produk.  Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari tipe kemasan yang perlu Anda tahu.

Baca juga:  Tingkatkan Omset Perusahaan Melalui Hang Tag Branding

1. Media promosi secara tak langsung

Menggunakan sablon ini tentunya tidak dapat diremehkan begitu saja. Dengan menggunakan sablon pada plastic atau bungkus produk dapat menjangkau berbagai macam konsumen dari berbagi kalangan tanpa disengaja. Sablon pada kemasan merupakan salah satu media yang digunakan untuk mengembangkan bisnis yang baru saja dirintis atau melakukan inovasi baru pada produk yang telah lama berjalan.

Dengan adanya inovasi sablon pada kemasan dapat membantu Anda mempromosikan dengan dibantu oleh pelanggan Anda secara tidak langsung. Hal ini mendatangkan peluang yang besar bagi Anda untuk menjaring pelanggan-pelanggan dari luar daerah dan bertambah lebih banyak lagi.

2. Meningkatkan nilai jual

Produk yang memiliki kemasan berbeda dari produk lainnya akan menarik perhatian dan banyak dipilih oleh para konsumen. Bahwasanya produk yang dikemas dengan apik dianggap lebih berkualitas dibandingkan produk yang dikemas biasa saja.

Selain itu, produk akan lebih meningkat penjualannya apabila produk memberikan informasi yang detail dan lengkap hal ini akan menjadikan produk menjadi barang yang wajib dikonsumsi setiap waktu.

3. Memberikan informasi deskripsi produk

Selain mempercantik tampilan produk, sablon pada kemasan juga memberikan informasi deskripsi bagi konsumen. Sehingga konsumen dapat mengetahui informasi seperti kandungan pada produk, manfaat produk, cara pemakaian hingga kapan produk tidak layak untuk digunakan atau dikonsumsi.

Ciri-ciri 

Berikut ini merupaka ciri-ciri sablon kemasan yang baik untuk produk yang akan Anda jual.

1. Memiliki design yang baik

Kemasan produk yang baik yaitu memiliki design yang menarik bagi para konsumen sehingga tertarik untuk mencoba produk Anda.

2. Tepat sasaran

Sablon pada kemasan yang digunakan  harus tepat sasaran, jangan sampai ada kesalahan informasi yang diberikan pada kemasan kepada para konsumen.

Baca juga:  Mengenal Wall Covering, Mulai dari Manfaat Hingga Fungsinya

3. Mudah dikenali

Memiliki sebuah produk yang terkenal merupakan keinginan bagi setiap produsen. Oleh karena itu membuat kemasan atau sablon kemasan yang berbeda dan mudah diingat oleh konsumen merupakan nilai tambah bagi produk yang dipasarkan.

Manfaat 

1. Menciptakan daya tarik tersendiri bagi pelanggan

Masih berkaitan dengan media promosi. Sablon pada kemasan yang menampilkan logo serta nama usaha Anda menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat. Tidak hanya itu, dari informasi yang ditampilkan pada kemasan dapat membuat calon pelanggan tertarik dan mengunjungi toko dan membeli produk yang Anda jual.

2. Menciptakan kesan unik dari produk Anda

Jika hanya menggunakan kemasan polos saja mungkin pelanggan akan bertanya-tanya tanpa mencari tahu dari mana produk yang mereka nikmati. Lain hanya jika Anda menggunakan sablon pada kemasan produk Anda, itu akan menciptakan kesan yang unik karena beda dari produk-produk yang lainnya.

Menggunakan sablon kemasan menjadi salah sau ciri khas yang dimiliki oleh produk Anda, entah itu pada kemasan produk atau pada kantong plastik yang digunakan untuk mengemas.

3. Memberi tampilan menarik pada kemasan produk

Inovasi yang apik dibutuhkan agar dapat bertahan, salah satunya yaitu memiliki tampilan yang menarik dan berbeda dari produk yang lainnya. hal ini merupakan strategi berbisnis untuk menghadapi produsen lain yang memiliki produk yang sama.

4. Kemasan produk terlihat elegan dan lebih praktis

Dengan kreatifitas sebuah kemasan akan terlihat lebih elegan dan praktis karena bentuk dan tampilan disesuaikan kebutuhan dan tidak sama seperti kebanyakan orang umunya.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian] fungsi, ciri-ciri serta manfaat dari sablon pada kemasan yang dapat saya rangkum. Sablon kemasan tidak hanya untuk menarik pembeli namun sebagai salah satu cara untuk mempertahankan intensitas ditengah produsen-produsen baru yang bergerak dibidang yang sama. Semoga informasi ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi Anda yang ingin terjun di dunia bisnis. Terima Kasih.

Baca juga:  Ciri dan Manfaat Leaflet Adalah...

Sumber:

Sablon Manual VS Sablon Digital – Apa Kelebihan dan Kekurangannya ?

Desain Plastik Kemasan Snack Harus Menarik Biar Mudah Dilirik!

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?