Our Blog

Sertifikat – Pengertian, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Sertifikat adalah salah satu hal yang sudah populer di kalangan masyarakat. Setelah mengikuti sebuah seminar maupun pelatihan, biasanya pihak penyelenggara akan memberikan sertifikat sebagai bukti. Kertas ini merupakan salah satu dari surat berharga. Ada banyak contoh sertifikat mulai dari bukti kepemilikan tanah, kepemilikan rumah, dan lain-lain.

Pengertian Sertifikat

Sertifikat KBBI berarti tanda atau surat keterangan tertulis maupun tercetak dari orang yang memiliki kewenangan dan bisa digunakan sebagai bukti pemilikan terhadap suatu kejadian. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering mendengar kata ini. Bahkan, tidak jarang yang menganggap bahwa piagam memiliki arti yang sama dengan sertifikat.

Meskipun demikian, sebenarnya ini merupakan kedua hal yang berbeda. Sebuah sertifikat digunakan sebagai bukti kepemilikan dan piagam digunakan untuk penghargaan. Sertifikat bisa diberikan kepada seseorang setelah mengikuti pelatihan singkat. Umumnya, penjelasan di dalamnya pun akan lebih resmi dibandingkan dengan piagam.

sertifikat

Sebagai bukti dari kepemilikan tertulis yang lebih resmi, contohnya seperti kelahiran, kepemilikan rumah, maupun tanah. Sedangkan piagam biasanya digunakan untuk sebatas penghargaan. Ini bisa diberikan dari lembaga yang membuat atau mengesahkannya. Jadi, meskipun bentuknya mirip namun pengertian dan fungsinya jelas berbeda ya.

Fungsi Sertifikat

Sertifikat penghargaan biasanya diberikan untuk seseorang yang baru selesai mengikuti pelatihan tertentu. Namun, sekali lagi ini berbeda dengan piagam. Biasanya, sertifikat memiliki nilai tertentu ketika digunakan untuk lampiran melamar kerja atau pun melamar sebagai mahasiswa. Namun, tidak dengan piagam.

Lalu, apa saja fungsi dari sertifikat?

Bukti kepemilikan

Fungsi utama dari benda ini adalah sebagai bukti kepemilikan. Jika ada berbagai benda berharga yang Anda miliki, maka perlu sekali jika memiliki sertifikat atasnya. Bukti kepemilikan ini akan memiliki nilai yang kuat atau sah di mata hukum. Jadi, Anda harus menyimpannya baik-baik dan jangan sampai hilang.

Baca juga:  Banner Korcin ǀ Definisi, Fungsi, Ciri dan Tujuan

Bukti kemampuan

Ada beberapa instansi pekerjaan tertentu yang mewajibkan para pelamarnya untuk melampirkan sertifikat. Sertifikat ini bisa berisi tentang kemampuan melakukan sesuatu hal sesuai dengan instansi yang mengeluarkannya. Adanya sertifikat memberikan bukti bahwa seseorang mampu melakukan sesuatu sesuai yang tercantum di dalamnya.

Pendukung kepemilikan asset

Memiliki asset tanpa memiliki sertifikat yang sah akan memiliki nilai yang lemah di mata hukum. Anda akan mengalami kesulitan ketika menjual asset tersebut di kemudian hari. Itulah mengapa, ini merupakan salah satu hal penting untuk dimiliki. Ketika Anda membeli sesuatu benda berharga, jangan lupa untuk meminta sertifikatnya.

Ciri-ciri Sertifikat

Di era yang serba modern seperti sekarang, banyak sekali jasa-jasa yang menawarkan pembuatan sertifikat. Ada jasa sertifikat online yang menawarkan hasil yang baik dan maksimal. Sebelum membuatnya, pastikan Anda telah mengetahui ciri dari sertifikat.

Menggunakan kertas art carton, linen, atau manila

Ukuran sertifikat biasanya dicetak menggunakan kertas-kertas berbahan tebal. Kertas yang biasa digunakan untuk mencetak sertifikat antara lain art carton, kertas manila, dan kertas linen. Kertas ini memang memiliki tingkat ketebalan yang lebih dibandingkan kertas ini biasa. Bahkan, ada pula yang mencetak sertifikat menggunakan jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak foto.

Ada logonya

Sertifikat biasanya ada yang menampilkan logo lembaga yang mengeluarkan dan ada pula yang polos saja. Gambar logo biasanya diberikan dengan cetakan yang terlihat seperti bayangan saja. Sertifikat dicetak menggunakan tinta tebal sehingga memberikan kesan yang elegan, resmi, dan dapat dipercaya.

Memiliki layout menarik

Hampir sebagian besar sertifikat pasti didesain menggunakan layout menarik. Ini akan membuat sertifikat terlihat lebih berbeda. Desain sertifikat dipilih dengan sedemikian rupa sehingga membuatnya terkesan bagus dan indah.

Baca juga:  Map Kurtilas; Pengertian, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Jarang sekali ditemukan sertifikat yang polosan saja. Namun, ada pula lembaga yang memesan sertifikat yang bagian penerima sertifikatnya ditulis menggunakan spidol.

Manfaat Sertifikat

Apakah Anda memiliki sertifikat juga di rumah? Ada berbagai macam manfaat dari sertifikat. Berikut beberapa diantaranya.

Memberikan nilai yang lebih bagi pemiliknya

Sertifikat Indonesia bisa menjadi salah satu pendukung yang bisa memberikan nilai lebih. Contohnya saja ketika Anda ingin melamar kerja, lampirkan saja sertifikat dari pelatihan terkait yang pernah Anda lakukan. Ini bisa memberikan nilai lebih kepada diri Anda dibandingkan dengan pelamar kerja lainnya.

Memberikan nilai yang sah di mata hukum

Sertifikat juga bisa memberikan nilai yang sah di mata hukum. Jadi, jangan sampai Anda lupa untuk menyimpan sertifikat jika memang memiliki benda yang benar-benar berharga. Benda kecil ini memang hanya dalam bentuk lembaran, namun nilai nya di mata hukum benar-benar sah.

Menjelaskan bahwa pernah melakukan suatu kejadian

Contoh dari manfaat yang satu ini adalah ketika Anda memenangkan suatu  perlombaan. Dari kemenangan Anda yang tertulis dalam sertifikat, nantinya ini bisa dijadikan sebagai bukti untuk melakukan kegiatan lain. Ini bisa disebut dengan sertifikat penghargaan.

Untuk mencetak sertifikat berkualitas, Anda harus melakukannya di tempat yang benar-benar terpercaya. Banyak sekali jasa yang menawarkan pemesanan sertifikat online. Namun, pilihlah yang paling tepat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?