Our Blog

Mengenal Definisi, Fungsi, Ciri-ciri, dan Manfaat Stiker Cromo

Pernah mendengar tentang istilah stiker cromo? Sticker yang satu ini adalah salah satu dari banyaknya jenis sticker yang disediakan oleh jasa percetakan. Sticker menjadi salah satu alat penting yang harus disertakan pada kemasan sebuah produk.

Tanpa adanya stiker, produk jadi tidak dikenali baik jenis, komposisi dan dari mana asalnya. Oleh sebab itu, setiap produk pasti akan ditempeli sticker yang salah satu jenisnya adalah stiker cromo.

stiker cromo

Pengertian Stiker Cromo

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang stiker ini, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu definisi sticker secara umum. Sticker adalah sebuah label dengan desain tertentu yang dicetak pada kertas atau plastik yang berperekat.

Kertas berperekat ini akan ditempelkan pada sebuah benda sebagai identitas, hiasan ataupun untuk tujuan lain. Karena itulah, sticker sebenarnya tidak hanya diletakkan pada sebuah produk saja. Banyak orang yang membuat sticker untuk diletakkan di tempat-tempat tertentu seperti kaca mobil, kaca rumah dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis sticker yang disediakan oleh percetakan. Berikut ini diantaranya.

1. Sticker Kertas

Sticker kertas adalah desain yang dicetak di atas kertas. Karena bahannya dari kertas, sticker ini bersifat mudah sobek, rusak dan tidak tahan air. Biasanya, sticker kertas dipergunakan untuk label produk dan label informasi yang bersifat sementara.

Baca juga:  Stiker One Way | Solusi Untuk Promosi Lebih Efektif

Ada dua jenis sticker kertas yang perlu Anda ketahui yaitu :

  • Sticker HVS, yaitu yang terbuat dari kertas HVS
  • Stiker Cromo, yaitu yang terbuat dari kertas glossy

2. Sticker Vinyl

Sticker Vinyl adalah desain yang dicetak di atas plastik. Sifatnya lebih kuat dari pada sticker kertas. Sticker vinyl tidak mudah sobek, rusak dan juga tahan air. Sticker ini banyak dipergunakan untuk label produk promo, iklan dan lain sebagainya.

3. Sticker Perforasi

Sticekr perforasi adalah sticker yang dicetak hanya pada satu sisinya saja, sedangkan sisi lain terlihat transparan. Desainnya berupa gambar yang berlubang-lubang atau titik-titik.

Kesimpulannya, stiker model ini adalah sejenis sticker kertas glossy. Sticker ini banyak dipergunakan masyarakat. Ada yang memakainya untuk label produk ataupun sekedar membuat sticker untuk identitas diri atau sebuah komunitas.

 

Fungsi Stiker ini

Stiker cromo bukan hal baru dalam dunia marketing dan kehidupan sehari-hari. Sticker ini mudah dibuat karena selain harganya murah juga tidak membutuhkan proses yang panjang. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari stiker keren ini, yaitu :

1. Sebagai Identitas atau Label Produk

Stiker cromo adalah media yang paling tepat dipergunakan sebagai label produk. Anda bisa menggunakan sticker ini untuk memperkenalkan produk Anda. Tempelkan stiker ini dengan desain usaha Anda pada produk.

2. Alat Promosi Murah

Menggunakan stiker cromo merupakan solusi terbaik untuk melakukan promosi murah. Sticker ini mudah prosesnya dan murah biaya pencetakannya. Selain itu, masyarakat juga senang jika mendapatkan sebuah sticker dari produk tertentu.

3. Media Alternatif

Bagi Anda yang mengalami salah cetak pada buku atau cetakan tertentu, stiker ini bisa dijadikan alternatif atau solusi. Anda bisa menempelkan sticker ini pada baris kalimat yang salah cetak. Karena bahannya terbuat dari kertas, maka proses menggunting dan menempelnya akan sangat mudah.

Baca juga:  Apa Itu Stiker Print and Cut?

stiker cromo

 

Ciri-ciri Stiker Cromo

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijabarkan tentang ciri-ciri dari stiker jenis ini, diantaranya adalah :

1. Terbuat dari Kertas

Stiker cromo adalah sticker yang dicetak di atas kertas yang bagian belakangnya memiliki perekat. Umumnya, kertas yang dipergunakan adalah jenis kertas HVS.

2. Mudah Sobek dan Rusak

Stiker ini dicetak diatas kertas berperekat. Sama seperti kertas pada umumnya, meskipun lapisan atas kertas sticker ini cukup mengkilat, namun kertas sticker ini tetap mudah sobek dan rusak.

Jika Anda melihat kertas label pada sebuah produk, cobalah untuk menyobeknya. Jika kertas mudah disobek dan tidak semua bagian langsung terangkat, maka inilah yang disebut dengan stiker cromo.

3. Tidak Tahan Air

Kertas cromo tidak cocok untuk produk yang harus diletakkan di dalam lemari pendingin. Pasalnya, jenis kertas sticker ini tidak tahan air. Jika produk diletakkan di dalam lemari pendingin maka permukaan produk akan menjadi basah. Hal ini akan merusak sticker labelnya.

 

Manfaat Stiker ini

Stiker ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari meski jarang disadari. Berikut ini adalah beberapa contohnya, yaitu :

1. Menghemat Biaya Promosi

Dengan mencetak stiker cromo, biaya promosi yang harus dikeluarkan akan banyak dihemat. Label produk cukup bisa menjadi media promosi tepat sasaran. Selain itu, harganya pun murah dan terjangkau.

2. Media Informasi bagi Pelanggan

Dengan adanya stiker ini, pelanggan bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Informasi penting tentang produk-produk tertentu. Stiker indah ini akan membantu meningkatkan nilai jual sebuah produk.

Itulah beberapa informasi mengenai stiker ini yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mulai membuat sebuah produk, pastikan untuk memikirkan menggunakan barang yang satu ini. Stiker cromo akan membantu membuat produk Anda nampak lebih menarik.

Baca juga:  Tingkatkan Omset Perusahaan Melalui Hang Tag Branding

 

Sumber

https://www.okeprint.id/stiker/

Perbedaan Stiker Cromo dan Stiker Vinyl

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/06/pengertian-stiker-fungsi-bentuk-contoh-jenis-bahan-yang-digunakan-lengkap.html

Pengertian Stiker dan Jenisnya

https://inspiring.id/jenis-kertas-stiker/

Perbedaan stiker cromo vs vinyl

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?