Our Blog

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Serta Manfaat Stop Map Untuk Administrasi

Setiap lembaga institusi pasti membutuhkan yang namanya alat tulis kantor, salah satunya adalah stopmap. Kertas dengan corak warna warni ini menjadi bagian penting dalam administrasi suatu lembaga.

Kertas yang disebut juga sebagai company folder ini digunakan  untuk membungkus atau menyimpan dokumen-dokumen agar lebih tertata rapi. Jadi jika di kemudian hari digunakan, maka akan lebih mudah untuk mencarinya.

Pengertian Stop Map

Saat Anda mengumpulkan berkas-berkas atau surat-surat penting untuk berbagai tujuan, Anda akan menaruhnya dalam sebuah wadah agar tidak berceceran. Wadah ini biasa disebut juga dengan nama map. Map merupakan bentuk fisik sebuah folder berupa kertas yang digunakan untuk menampung, serta melindungi dokumen. Presentation Folder ini juga digunakan untuk mengorganisasikan beberapa dokumen terpisah.

Map yang ada di pasaran biasanya berwarna merah, kuning, hijau dan lainnya dan memiliki ukuran Folio atau F4. Seiring dengan perkembangan dunia percetakan, kini map tidak monoton hanya itu-itu saja. Map bisa dicetak sesuai dengan logo dan keperluan institusi. Desain map yang elegan ini bisa meningkatkan citra positif lembaga institusi.

stopmap

Fungsi Stop Map Kertas

Sebuah benda tidak akan diciptakan jika tidak memilki fungsi yang bermakna, termasuk juga dengan salah satu benda alat tulis kantor ini. Map atau amplop ini memilki berbagai fungsi yang terkadang tidak diketahui oleh sebagian orang. Adapun fungsi dari diciptakannya map adalah sebagai berikut:

Baca juga:  Ingin Tahu Tentang One Way Vision Sticker? Simak Pengertian dan Fungsinya di Sini

1. Menyimpan dokumen

Sekarang ini semua serba menggunakan administrasi, agar kegiatan bisa berjalan sempurna. Selain itu administrasi ini berfungsi sebagai upaya evaluasi dan monitoring kegiatan. Map ini digunakan untuk menyimpan dokumen biar lebih tertata rapi sesuai spesifikasinya.

2. Tempat menaruh berkas

Map atau amplop ini juga berfungsi sebagai tempat menaruh berkas, terutama saat hendak melakukan lamaran kerja. Map yang biasa digunakan untuk melamr kerja berupa amplop coklat besar ukuran folio.

3. Merapikan dokumen

Menempuh pendidikan selama sekian tahun, membuat kita memiliki berbagai dokumen penting seperti halnya ijazah pendidikan. Adanya map ini sebagai solusi agar dokumen-dokumen penting tersebut tidak tercecer

Ciri-Ciri Stop Map

Berdasarkan jenisnya, map memiliki keunggulan fungsi dan ciri-ciri masing-masing. Seperti Map folio memiliki daun penutup di setiap sisinya yang berfungsi untuk menopang berkas agar tidak terjatuh. Map ini digunakan untuk menyimpan arsip yang sudah dibandel.

Terdapat pula map jenis snelhecter yang memiliki penjepit di bagian tengah map, dan tidak memiliki daun penutup. Jenis map satu ini terdapat dua jenis bahan yakni kertas dan plastic. Namun untuk ciri-ciri company folder secara umum adalah sebagai berikut

1. Bahan

Bahan yang digunakan untuk membuat map pun beragam. Untuk map biasa menggunakan bahan kertas manila ataupun buffalo. Sementara untuk kelas yang agak tinggi bisa menggunakan kertas BC atau Ivory.

2. Teknik Percetakan

Sebuah company folder biasanya dicetak dengan menggunakan teknik cetak full colour, cetak satu warna, ataupun kombinasi hotprint dan emboss.

3. Merk

Terdapat beragam merk map yang sering kali di jumpai di pasaran seperti Biola, Diamond, Elvins, dan sebagainya. Setiap merk satu dan lainnnya memiliki karakter masing-masing. Namun apabila Anda hendak membuat event, alangkah baiknya mencetak map dengan design sendiri.

Baca juga:  Sticker Transparan ǀ Definisi, Fungsi, Ciri dan Manfaat

4. Harga

Harga map yang sering digunakan untuk keperluan administrasi ini tergolong murah. Mulai dari harga 500 rupiah untuk map biasa hingga 2500 untuk map dengan motif batik. Namun jika Anda custom design harganya berkisar 5000-8000an.

5. Teknik finishing

Teknik finishing presentation folder ini terbagi menjadi dua yakni doff dan glossy. Untuk membuat map terlihat elegan, map diber laminasi baik glossy maupun doff. Jika glossy map akan terlihat mengkilat, sementara doff membuat map terlihat mate.

Manfaat Stop Map Kertas

Dalam urusan administrasi, map digunakan oleh berbagai sector kehidupan. Pada dasarnya adanya map ini bermanfaat untuk merapikan administrasi, kantor, perusahaan, perguruan tinggi ataupun lembaga lainnya. Sementara manfaat map itu sendiri dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya :

1. Sektor Hukum

Dalam dunia hukum, map dimanfaatkan untuk menyimpan dokumen yang diserahkan kepada pihak notaris, jaksa ataupun lembaga dinas untuk kemudian ditindaklanjuti.

2. Sektor Bisnis

Persaingan bisnis kian hari kian ketat, setiap perusahaan wajib melakukan inovasi agar tetap eksis. Perusahaan bisa memberikan penawaran dengan sebuah presentasi menarik yang ditaruh dalam sebuah map elegan.

3. Sektor Pendidikan

Dalam sector pendidikan, map dengan design inovatif bisa dimanfaatkan sebagai seminar kit untuk memikat hati calon peserta. Selain itu map ini juga bisa difungsikan tatkala kita mengajukan suatu surat permohonan, seperti permohonan penilitian.

4. Sektor Kesehatan

Saat kita berobat ke layanan kesehatan seringkali kita diminta membawa kartu berobat. Hal ini bertujuan agar layanan kesehatan mengetahui riwayat berobat dari pasien. Jika tidak ada map, maka kemungkinan akan terjadi salah tindakan medis Karena tidak berdasarkan riwayat berobat.

Demikian ulasan singkat mengenai definisi stop map beserta ciri dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai pentingnya map dalam urusan administrasi lembaga institusi.

Baca juga:  Apa Itu Stiker Print and Cut?

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?