Our Blog

Definisi, Fungsi, Ciri dan Manfaat Voucher bagi Tempat Usaha

Bagi Shoppaholic, pasti sudah sering mendengar kata voucher. Ya, kata ini terdengar simple namun begitu menyenangkan saat mendapatkannya. Istilah ini biasanya ada di tempat-tempat belanja, tempat usaha atau penyedia jasa tertentu.

Mendapatkan benda ini berarti Anda mendapat kupon potongan harga atau diskon tertentu, dan bisa juga untuk memperoleh hadiah atau doorprice. Ingin tahu lebih jauh tentang arti, ciri dan manfaat kupon belanja ini, yuk simak info lengkapnya.

voucher

Pengertian Voucher

Pada dasarnya, voucher atau kupon belanja adalah sebuah alat yang memiliki nilai, jangka waktu dan kondisi pemberlakuan tertentu. Dalam hal ini, kupon belanja umumnya dikeluarkan oleh bidang usaha tertentu untuk diberikan kepada pelanggannya.

Pelanggan yang mendapatkan kupon belanja dapat menukarkannya dalam bentuk potongan harga atau hadiah sesuai dengan syarat yang ditentukan. Pelanggan dapat menggunakan kupon ini dalam jangka waktu tertentu dan dengan mengikuti ketentuan dari tempat usaha.

Dewasa ini, pemakaian kupon belanja telah banyak berkembang. Kupon ini tidak hanya disediakan dalam bentuk potongan kertas seperti kertas ATM saja. Namun juga banyak yang menyediakannya dalam bentuk elektrik.

 

Fungsi Voucher

Voucher bukan hanya sekedar potongan belanja atau pemberian hadiah saja, namun alat ini memiliki fungsi yang menguntungkan. Berikut ini adalah fungsi dari kupon belanja ini, yaitu :

1. Sebagai Media Promosi

Banyak tempat usaha seperti toko perbelanjaan, tempat hiburan, tempat makan yang menggunakan kupon sebagai media promosi mereka. Kupon ini dipakai untuk mempromosikan dan mengenalkan sebuah produk kepada pelanggannya.

Baca juga:  Inovasi Sablon Kemasan Untuk Memperoleh Omset Yang Lebih Menjanjikan

Tidak hanya menjangkau pelanggan tetap atau lama saja, kupon belanja ini juga bisa diberikan kepada calon pelanggan baru. Umumnya, sebuah tempat usaha pasti akan berusaha untuk memperbesar atau memperbanyak jumlah pelanggan mereka. Tidak hanya sebatas menarik kembali pelanggan yang sudah ada.

2. Menarik Perhatian Pelanggan

Tahukah Anda bahwa beberapa orang mungkin akan merasa penasaran dan tertarik pada sebuah tempat belanja tertentu karena pembagian kupon belanja atau diskonnya? Sebagian besar dari mereka, tertarik dengan kupon diskon besar-besaran yang disediakan.

Ini dapat disimpulkan bahwa kupon belanja memiliki pengaruh yang hebat dalam menarik dan mencuri perhatian pelanggan. Banyak orang yang terpesona dengan kata “potongan harga” atau “hadiah”. Kata-kata inilah yang mengundang pelanggan datang ke tempat perbelanjaan supaya bisa mendapatkan harga lebih murah.

3. Meningkatkan Penjualan

Meskipun memberikan kupon berarti memberikan potongan harga, namun kupon ini tidak akan merugikan tempat usaha sama sekali. Justru dengan pemberian kupon diskon, akan mendorong dan meningkatkan jumlah penjualan.

Umumnya, kupon belanja memiliki syarat tertentu. Contohnya seperti potongan harga untuk pembelian diatas nominal tertentu. Pelanggan pasti akan berbelanja di atas nominal tersebut supaya mendapatkan potongan.

Dalam hal ini, penjualan Anda pasti akan lebih banyak dan meningkat. Jumlah potongannya akan tertutupi dengan keuntungan dari produk atau barang lain yang dibeli pelanggan.

 

Ukuran Voucher

Meskipun banyak tempat usaha yang sudah menggunakan voucher elektrik, namun kupon dengan kertas manual tidak ketinggalan jaman. Pelangganpun akan lebih tertarik pada kupon manual karena lebih mudah diingat.

Bagi Anda yang ingin tetap menggunakan kupon kertas manual, berikut ini adalah beberapa ukuran kupon yang bisa dipergunakan. Diantaranya adalah :

  1. Kupon belanja ukuran 15 x 7 cm
  2. Kupon belanja ukuran 18 x 7 cm
  3. Kupon belanja ukuran 8,5 x 5,5 cm
Baca juga:  X Banner, Pilihan Media Promosi Yang Terjangkau

Pada dasarnya, tidak ada aturan tersendiri tentang berapa ukuran kupon yang standar. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan tempat usaha. Ada yang menggunakan kupon berukuran kecil dan ada juga yang memakai kertas agak panjang.

Namun yang penting untuk diperhatikan, ukuran kertas tidak boleh terlalu lebar. Meskipun merupakan bagian dari media promosi, namun kertas kupon ini bukanlah flyer atau brosur. Ukurannya harus seringan mungkin supaya tidak membebani pelanggan.

Selain itu, tidak perlu memasukkan beberapa informasi mengenai produk yang sedang didiskon. Informasi yang ada dalam sebuah kupon belanja hanya jenis pemberian yang akan diberikan, syarat dan ketentuan yang berlaku saja. Tidak lebih dari itu.

 

Manfaat Voucher

Setelah mempelajari definisi dan ciri-ciri Voucher, kali ini akan dibahas tentang manfaat pemberian kupon belanja. Diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Pertalian dengan Pelanggan

Voucher akan membantu mempererat hubungan antara pelanggan dan tempat usaha. Pelanggan akan semakin menyukai dan setia pada tempat tersebut karena merasa sudah dimanjakan dengan potongan harga dan promo lainnya.

2. Meningkatkan Image Perusahaan di Mata Pelanggan

Tempat usaha yang suka memberikan atau membagikan kupon belanja akan meningkat imagenya di mata masyarakat. Dengan image yang baik, tentunya jumlah pelanggan pun akan meningkat.

3. Mengontrol Biaya Promosi

Dengan memberikan kupon belanja secara rutin pada pelanggan, ini akan sekaligus menjadi media promosi. Promosinya akan berjalan door to door atau dengan lisan dari pelanggan yang satu ke yang lainnya.

Pelanggan akan saling berkabar dan menginformasikan pada rekan atau teman lain tentang pemberian kupon belanja di sebuah tempat usaha. Lama kelamaan, informasi ini akan semakin meluas dan Anda tidak membutuhkan media promosi lainnya.

Baca juga:  Banner Flexi ǀ Pengertian, Fungsi, Ciri dan Manfaat nya

Pemberian voucher kepada pelanggan tempat usaha memang sebaiknya dilakukan secara rutin. Hal ini sebagai upaya meningkatkan penjualan, meningkatkan image dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sumber :

Berbagai Macam Kegunaan Voucher Untuk Promosi

https://www.arti-definisi.com/Voucher

https://www.printerous.com/id/voucher

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?