Our Blog

Mengenal Wall Covering, Mulai dari Manfaat Hingga Fungsinya

Di era modern seperti sekarang, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya wall covering. Ini merupakan seni untuk melapisi dinding yang sudah berkembang sejak berabad-abad lalu. Seni ini ditemukan oleh seniman China pada abad 8. Dulunya, ini dikenal dengan nama wallpaper.

Anda bisa menemukan wallcover ini di pasaran dengan sangat mudah. Bahkan, beberapa pihak menawarkannya dengan harga yang cukup murah. Wallcover menjadi barang eksklusif yang bisa didapatkan oleh semua kalangan. Tentunya, mahal dan murahnya harga tergantung dari bahan pembuat wallcover itu sendiri.

wall covering

Pengertian Wall Covering

Yang dimaksud dengan wall covering sendiri merupakan sebuah hiasan untuk menutup dinding untuk memberikan kesan lebih bagus dan lebih indah. Ini akan membuat suatu ruangan menjadi lebih hidup. Pemilihan design bisa disesuaikan oleh karakteristik pemilik rumah untuk mendapatkan rasa yang pas.

Warna-warna yang bisa diaplikasikan dalam sebuah wallcover sangatlah bervariasi. Beberapa orang lebih suka menggunakan warna beragam. Ini akan membuat rumah Anda menjadi lebih bergaya. Jadi, warna dinding tidak akan netral seperti itu-itu saja dan memberikan suasana yang terkesan membosankan.

Biasanya, wallcover ini terbuat dari bahan kertas. Nantinya, benda ini akan ditempelkan pada dinding. Kertas yang digunakan untuk membuat media ini tentu saja merupakan kertas anti air dan anti sobek. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat wallcover di era modern sekarang adalah PVC atau vinyl, bahan beludru, jerami, pelepah pisang, daun kering, bahkan kulit binatang.

Baca juga:  Abadikan Memori Indah ke Baitullah Dalam Buku Kenangan Umroh Dan Haji

Fungsi Wall Covering

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wall covering memang merupakan sebuah hal yang bukan baru lagi. Di era modern sekarang, banyak sekali orang yang senang melakukan dekorasi rumah menggunakan wallcover ini. Sebenarnya, apa saja fungsi penggunaan wallcover?

1. Alat dekorasi rumah

Ini dia fungsi dari wall covering secara umum. Wallcover memang diciptakan untuk  mendekorasi rumah sehingga  ruangan menjadi lebih indah. Adanya desain berbeda-beda dan berwarna-warni memang akan memberikan kesan tersendiri.

Contohnya, Anda bisa memberikan wallcover dengan desain animasi untuk kamar anak. Anak-anak pasti akan menyukainya. Anda juga bisa memilih desain lain yang sekiranya pas dan disukai oleh seluruh anggota keluarga.

2. Pelapis dinding yang rusak

Seiring dengan bertambahnya umur suatu bangunan, maka dinding bisa saja retak. Jika Anda belum ingin melakukan renovasi, gunakanlah wallcover untuk menutupi retakan-retakan pada bagian dinding rumah.

Anda juga bisa menggunakan wallcover untuk menutupi permukaan dinding yang tidak rata. Permukaan dinding yang tidak rata pastinya akan membuat ruangan menjadi kurang sedap dipandang. Daripada menghabiskan banyak dana untuk memperbaikinya, gunakan saja wallcover.

Ciri-ciri Wall Covering

Jika Anda ingin mendapatkan wall covering dengan desain terbaik, Anda bisa memesannya di toko khusus yang menjualnya. Pastikan toko ini menyediakan pilihan yang lengkap sehingga Anda lebih leluasa dalam memilihnya. Jangan salah beli, bisa jadi yang Anda beli wall sticker alias bukan wallcover.

Berikut beberapa ciri dari wallcover.

1. Dijual dalam bentuk roll

Umumnya, wallcover memang dijual dalam bentuk roll. Berbeda sekali dengan wall sticker yang dijual sebagai potongan-potongan kecil sesuai gambarnya. Wall cover dijual dalam bentuk gulungan karena akan digunakan untuk menutupi seluruh permukaan tembok.

Baca juga:  Mengenal Definisi, Fungsi, Ciri-ciri, dan Manfaat Stiker Cromo

2. Membutuhkan lem tambahan khusus

Untuk memasangkan wallcover di tembok, Anda membutuhkan lem khusus. Jangan gunakan sembarang lem. Pakai lem yang sembarang bisa membuat wallcover tersebut mudah terlepas. Pastikan Anda menanyakan terlebih dahulu tentang lem tersebut kepada ahlinya.

3. Sifatnya permanen

Wall cover ini memiliki sifat permanen. Anda tidak bisa memindahkannya ketika sudah menempelkannya. Jika ingin memindahkan, Anda harus siap menggantinya dengan cat yang baru atau wall cover yang baru.

Manfaat Wall Covering

Dari berbagai penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan wall covering di rumah? Tentu saja iya bukan? Rumah akan menjadi lebih menarik, indah, dan pastinya membuat pemiliknya merasa lebih betah.

Beberapa manfaat wallcover untuk pemilik rumah adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan keindahan ruangan

Dengan menggunakan wallcover, maka setiap ruangan akan menjadi lebih indah. Anda bisa mendapatkan ruangan yang lebih manis dan harmonis. Semua keluarga akan merasa betah untuk tinggal di dalamnya.

2. Menghemat biaya pengecatan

Menggunakan wallcover juga bisa membuat biaya pengeluaran untuk melakukan pengecatan menjadi lebih hemat. Cat yang tidak diganti selama bertahun-tahun tentu saja akan terasa membosankan.

Jika Anda ingin memiliki nuansa berbeda, cobalah untuk menggunakan wallcover. Anda tidak perlu melakukan pengecatan berulang ketika menggunakan wallcover. Bahkan, harga wallcover jauh lebih murah dibandingkan biaya membeli cat dan membayar ongkos pengecatan.

Pilihlah wallcover terbaik untuk membuat nuansa rumah Anda menjadi lebih berkesan. Lakukan kegiatan mendekorasi rumah ini dengan sebaik mungkin untuk menciptakan ruangan yang lebih berkesan dan menyenangkan. Jangan lupa, pastikan semua anggota keluarga menyukai tema wall covering yang dipilih. Selamat mencoba.

Leave A Comment

× Ada yang bisa kami bantu?